dipodwijayablog.blogspot.com-top-bar

Sabtu, 11 April 2015

Kajian Teoritis Portal Berita Online

Perkembangan media masa saat ini merupakan kebutuhan dalam mendukung berbagai aktifitas masyarakat urban. Media massa, seperti halnya pesan lisan dan isyarat sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari komunikasi manusia. “Pada hakikatnya media adalah perpanjangan lidah dan tangan yang berjasa meningkatkan kapasitas manusia untuk mengembangkan struktur sosialnya”. (Rivers, 2004: 27).

Kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat saat ini dimanfaatkan oleh berbagai media massa dalam perannya menyampaikan informasi, edukasi, opini, dan ilmu pengetahuan kepada para pembacanya. Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut, media massa umumnya selalu aktif dalam memproduksi informasi yang cepat, hangat dan orisinil.

Penyebaran informasi kepada khalayak masyarakat, telah terbantu oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih, sehingga informasi dapat berpindah dengan cepat, karena munculnya media komunikasi yang baru yaitu internet. Internet yang kini mulai menjadi bagian primer dalam kehidupan manusia sudah tidak dapat dipisahkan lagi dalam kegiatan sehari-hari. Portal berita online atau media online sangat erat kaitannya dengan internet, karena internet merupakan induk utama dari tersebarnya informasi-informasi berbasis online tersebut. Denis McQuail (2009: 28 - 29) dalam Mass Communication Theory mendefinisikan internet sebagai berikut :
Internet merupakan sebuah media dengan segala karakteristiknya. Internet memiliki teknologi, cara penggunaan, lingkup layanan, dan isi dan image tersendiri. Internet tidak dimiliki, dikendalikan, atau dikelola oleh sebuah badan tunggal tetapi merupakan sebuah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan beroperasi berdasarkan protokol yang disepakati bersama. Sejumlah organisasi khususnya provider dan badan telekomunikasi berperan dalam operasi internet.

Portal berita online merupakan media yang menggunakan internet. Sepintas orang akan menilai portal berita online merupakan media elektronik, tetapi para pakar memisahkannya dalam kelompok tersendiri. Alasannya, portal berita online menggunakan gabungan proses media cetak dengan menulis informasi yang di salurkan melalui sarana elektronik.

Berdasarkan definisi oleh “ The Federal Networking Council ” di Amerika Serikat, portal berita online atau media online lebih mengacu pada sistem informasi global yang secara logis terhubung oleh suatu area (Lister, 2003: 28).

Definisi lain menyatakan bahwa, “Portal berita online atau media online didefinisikan sebagai jaringan luas komputer, yang dengan perizinan, dapat saling berkoneksi antara satu dengan yang lainnya untuk menyebarluaskan dan membagikan digital files serta memperpendek jarak antar negara” (Perebinissoff, 2005: 63).

Dari beberapa pengertian portal berita online peneliti menarik kesimpulan mengenai portal berita online yaitu suatu jaringan global yang mengacu pada sistem informasi yang memiliki hubungan antar komputer sehingga dapat melakukan komunikasi data dalam membagikan informasi dari satu Negara ke negara lainnya dengan mudah dan cepat.

Referensi: https://archive.org/details/KajianTeoritisPortalBeritaOnlineW97

Jadilah komentator pertama pada Kajian Teoritis Portal Berita Online:

Posting Komentar

Back2Top